Contact Us Blogger Profile

Mengatasi Smartphone tidak menyala setelah Telepon

Ketika selesai telepon atau menerima telepon seseorang, layar mati dan tidak mau menyala kembali seperti biasanya. setelah dishutdown layar baru mau menyala. Hal ini bisa terjadi bila sensor proximity mengalami kerusakan atau gangguan sebagai salah satu indikasinya.

Sensor proximity dapat megalami gangguan apabila ada debu yang masuk kedalam area sensor, atau bisa juga karena adanya lemak jenuh yang menempel di sensor tersebut, contoh keringat yang ada ditelapak tangan. Dibeberapa kasus yang pernah terjadi sensor tidak bisa berfungsi oleh karena teknisi atau seseorang lupa memasang karet sil yang melindungi sensor ketika smartphone sedang diservis atau memang sengaja dibongkar untuk diperbaiki oleh si pemiliknya.

Apabila ada yang belum tahu apa itu sensor proximity dan dimana letaknya, bisa dilihat pada gambar diatas. Sensor proximity berada dibagian atas layar samartphone dan terletak disamping spiker. Sistem kerjanya adalah untuk mendeteksi benda yang ada disekitarnya tanpa harus ada kontak fisik. contoh penerapannya pada smartphone yaitu dengan meletakkannya kearah telinga maka sensor langsung mematikan layar dan fungsi touch screen.

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.