Contact Us Blogger Profile

Perbedaan RAM dan ROM pada Sistem Komputer

RAM dan ROM merupakan bagian komponen pendukung dari perangkat gadget seperti komputer, laptop, tablet, dll. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat menyimpan data informasi  pada sistem komputer. Tetapi RAM dan ROM adalah dua hardware yang berbeda dari segi cara kerjanya.

Selain berbeda cara kerja, ada pula indikator lain yang dapat digunakan sebagai acuan dasar perbedaan antara  RAM dan ROM pada sistem komputer atau gatget lain. Jika salah satu dari anda sedang menggeluti dunia IT tentu mengerti apa yang dimaksud, tapi untuk mengingatkan kembali atau memperkaya wawasan bagi yang belum tahu, berikut ini ulasan selengkapnya perbedaan RAM dan ROM secara umum :

1. Perbedaan Cara Kerja
Random Access Memory (RAM) adalah hardware dengan cara kerja menyimpan data informasi pada sistem komputer yang bersifat sementara saat aplikasi sedang berjalan, dan jika tidak ada daya listrik atau komputer dimatikan maka data informasi dari aplikasi tersebut akan terhapus otomatis dari sistem, dan terisi data kembali saat aplikasi atau program komputer dijalankan.

Sedangkan Read Only Memory (ROM) adalah hardware dengan cara kerja menyimpan data informasi yang bersifat permanen dan tidak bisa dihapus karena data diisi langsung oleh pabrik sejak awal perangkat dibuat, seperti program/firmware bawaan ROM BIOS yang berisi data profile pengguna, waktu, tanggal, dll. Meski tidak ada daya atau perangkat dimatikan ROM masih tetap dapat bekerja.

2. Perbedaan Pemasangan Komponen
RAM umumnya berbentuk Integrated Circuit atau IC yang dapat dibongkar-pasang pada dudukannya yaitu mainboard.

Sedangkan ROM juga berbentuk Integrated Circuit namun terpasang permanen di mainboard, sehingga tidak dapat bongkar-pasang.
Baca juga : Pengertian dan Fungsi Memory RAM Komputer

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.